HOME Indonesian Tourisme About Me

Selasa, 21 Juli 2009

Etiskah kita posting artikel orang lain?

Jawabannya beragam, ada yg "GAK","Biasa aja kaleee", "habis gimana lagi", "EGP". nah anda termasuk orang type yg mana? Kalau Aryo sendiri type plin plan, ya plin plan karena bingung mau posting apaan? Segala artikel/postingan sudah ada.Bahkan ada yg kembar 100, ah bingung.

Sebetulnya tidak mengapa memposting punya orang (duh salah gak ya pendapatku) asal ijin atau mencantumkan sumbernya. Lagipula untuk artikel ilmu pengetahuan semua sudah ada di internet kok, gak ada salahnya kita menyebar luaskan. Cuma jangan jiplak 100%, untuk prakata/pengantar ya bikin sendiri.Atau menggabungkan dari berbagai sumber menjadi artikel yang lebih lengkap.

Lagipula mana ada sih yg murni postingan sendiri?kalau gak nyontek di internet ya dibuku, atau tanya ke orang, dosen dll. Ya kan? Ngaku deh..Satu-satunya eh banyak ding.. Orang yang mungkin kita anggap gak nyontek ya seperti Thomas Alfa Edison, Bill Gates, Shakespeare, Einstein dll.

Cuma memang gak etis kok nyontek "plek" persis tinggal copy paste doang, langsung ngacir ..weleh memalukan..Saya sendiri jg sering copy paste, tapi aku barengi prakata dan sumbernya dicantumkan, kecuali postingan itu saya usahakan dengan cari2 banyak sumber ya aku gak mau, itu kan sudah namanya usaha bikin artikel. Kalau gak gitu mau bikin apalagi?Orang semuanya sudah ada di intenet.

Aryo sendiri cukup kreatif kok posting, walau hasilnya jelek tapi kebanyakan kan postingan murni, kalaupun ada yang dari situs lain biasanya Aryo cantumin sumbernya, kecuali ambil cm sepenggal doang, ya gak kali ya. Mau posting trik blog? Sudah bejibun, yang lain2 jg banyak. Tapi kadang saya ambil artikel/postingan yang jarang karena dianggap sepele oleh orang yg sudah ahli kelola blog.

Dasarnya adalah pengalaman saya bikin blog dari bener-bener"NOL" kagak tau gimana bikin blog, langsung tancap dan dalam waktu kurang dari 2 minggu sudah bisa susun-susun blog yang ya...hampir hancur..eh jangan ah..hampir "kece"(maaf aku gak berani bilang hampir keren hik..!) kata orang jadul. Dari soal widget, bikin read more, teks berjalan..ah dipelajari sendiri semua (ya mksdnya buka-buka postingan orang.

Ok..kita sama kita rasa..kita sodara,Peace!
Posted by Aryo

Related Posts by Categories



5 Komentar:

budiawanhutasoit mengatakan...

kalau hanya copy paste, sebaiknya jangan..hargai karya tulisan orang lain. kalo emang mau copas, sebaiknya cantumkan sumbernya. jadi jelas, bahwa artikel yg kita posting adalah milik orang lain.

Aryo Halim mengatakan...

ya..aku setuju..., thx

aa' mil mengatakan...

Tul itu...

andi wong mengatakan...

heuumm.. kalo saya sih bro di usahakan cari materi postingan dari pemikiran sendiri..ya walaupun sudah ada blog lain yg posting ttng materi itu...tpi setidaknya kan hasil tulisan sendiri dg gaya & ciri khas qt...ya gk ^.^"

Rizky2009 mengatakan...

kalau aq mah cpaz g masalah yg penting izin/kasih sumbernya darima, dg gt, kita menghargai karya orang lian, g rugikan cm mencantumkan link sumber.. tujuan posting/ngeblog adalah berbagi ilmu,pengetahuan dan pengalaman

FEEDJIT Live Traffic Feed

Cari Blog Ini

Link Exchange

ini link saya, tinggal copas
<a href="http://aryosp.blogspot.com//" target="_blank"><span style="font-weight:bold;"><u>Aryo Humanika</u><br/ >
Ini Banner Link
<br/><br/><a href="http://aryosp.blogspot.com/" target="_blank"><br/><img border="0" alt="Kolom blog tutorial " src="http://i736.photobucket.com/albums/xx5/aryosp/cooltext431377475.png"/></a><br/><br/>

Aryo Humanika © 2008. Template by Dicas Blogger.

TOPO